Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Jenis-Jenis Tanah Longsor

Posted by dedenia72 on October 4, 2009

Jenis-jenis Longsoran atau Luncuran (Slide):

Slump: ambruk/terperosoknya masa batuan atau regolit pada permukaan cekung. Pergerakan material tidak terlalu cepat dan jauh. Biasanya umum terjadi pada daerah dengan lapisan tebal bahan-bahan kohesif bertekstur liat

Rockslide/Landslide: longsoran masa batuan/regolit dengan gerakan tiba-tiba dan cepat. Biasa terjadi di daerah pegunungan

Debris flow atau Mudflow: merupakan aliran tanah dan regolit dengan gerakan yang relatif cepat. Terjadinya longsoran tipe ini harus melibatkan  air yang cukup banyak. Longsoran tipe ini biasanya bergerak mengikuti lembah atau sungai. Lahar juga tergolong dalam debris flow

Earthflow: sering terjadi pada saat musim hujan, material bergerak lebih lambat daripada debris flow pada lereng tidak terlalu curam. Material umumnya mengandung liat dan debu tinggi. Kejadian ini bisa terjadi berbarengan dengan slump.

About these ads

75 Responses to “Jenis-Jenis Tanah Longsor”

  1. alamendah said

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sambungannya yang tadi, ya?

  2. masnur said

    Hmmm jurusan geologi ya?…..perasaan aku pernah posting longsor juga di blogspotku. Sipppp…

  3. dasir said

    Selamat pagi..terima kasih ilmunya..aku jadi tehu nih..

  4. hasruL said

    Loh debris kan…
    kotoran pada gigi :) –ya beda dunk.. –

    Tukeran link yuk.. :)

  5. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Jenis-jenis tanah dan strukturnya agar paham dalam mengolahnya. Sehat kang, walau kesibukan sering menerpa hingga datang sering telat, tetap sehat ya kang, semoga TUHAN selalu menyertai akang dah teteh
    Salam Takzim Batavusqu

  6. Weh, tanah longsor pun ada jenis2nya ya :-)

  7. KangBoed said

    Tiada bosan bosannya mengajak sahabatku untuk melangkah….

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  8. yoan said

    oh. gitu toh. ada juga jenis2 longsor. tapi biarpun berjenis2 begitu, akibatnya tetep sama aja kan… bisa dicegah gak sih?

  9. Jadi keinget video amatir di tipi yang nayangin bukit longsor di Sumbar gara2 gempa… Itu masuk yang mana ya?

  10. Yep said

    Thanks ya ? klu ngak baca ini pasti aku ngak tau :)

  11. Batavusqu said

    Salam Takzim
    Hadir untuk menyapa Selamat siang sahabat dan mengingatkan Jadwal MAKSI dan SHOLU sdh masuk
    Salam Takzim Batavusqu

  12. indra1082 said

    Seperti belajar di sekolahan :grin:

  13. annas said

    kalo sudah tahu, jadi bikin hidup dibayangi ketakutan, gak tahu penasaran pengen tahu. duh Gusti, semoga murka-Mu tidak segera kau muntahkan….

  14. ANDY said

    Kereen serasa dapat pelajaran geografi. Kunjungi blog saya ya

  15. [...] mas Xitalho.. mas Hadi.. mas Mandor Tempe.. mas Achmad Sholeh.. Blog Populer..  mas Haries Ahmad.. DedeNia 72.. mBak Avocado.. Bloger Ingusan.. masNur.. Cerita Cinta.. Oom Agus.. mas Khairuddin Syach.. mas [...]

  16. thepenks said

    postingannya pas nih… karena indo lagi demam gempa…

  17. KangBoed said

    HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRR

    MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

  18. ardianzzz said

    heheh.. mas ku orang geografi jadi saya paham tuh..
    kalo overlandflow ada gak?

  19. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Ayoo anak-anak buka halaman 13, perhatikan ddisana ada kamar kosong, karena semua penghuni tidak berani memasuki kamar itu, ayoo siapa yang bisa menjawab ada apa dengan kamar itu..
    Alif menjawab; itu kamar pembantu pak, karena dia lagi pulang kampung..
    Ba beda lagi menjawab itu kamarnya kalau hujan bocor pak,
    Ta menyambung lagian disana ga ada tv_nya pak
    Tsa angkat bicara kamar itu lampunya mati.
    Jin tertawa, hahahaha itu kamar saya pak
    Maap
    Salam Takzim Batavusqu

  20. kuz09 said

    Kalau ilmuwan akan melihat suatu kejadian alam dari sisi ilmu pengetahuan, tapi kalau ulama atau ahli agama akan melihatnya lain.

  21. abifasya said

    Shilaturrahmi ba’da idul fitri neh sahabatku
    Apa Kabar ?
    Dah Lama aku tak Berkunjung
    Semoga Allah senantiasa melindungi Kita
    Salaaaaaaaaaaaaaaam

  22. dinda27 said

    Ikutan baca ya. Tambah ilmu
    Salam kenal.

  23. Batavusqu said

    Salam Takzim
    Mengunjungi sahabat disiang hari, Agar persahabatan yang sudah kita bentuk tetap langgeng
    Salam Takzim Batavusqu

  24. yusupman said

    Ternyata ada jenis2nya jg ya mas tanah longsor..kirain longsor ya longsor,artinya tanah ambruk..jadi nambah wawasan nich

  25. hoho lumayan nih bolognya nambah wawasan..mantab dah….kita tukeran Link nyok??sesama Blogger…silahkan main ke Blog saya…th`x

  26. D3pd said

    Banyak juga jenisnya ya, ^_^…V

  27. terima kasih
    jadi menambah pengetahuan ilmu alam

  28. ide tulisan yg segar…semanagt menulis…

  29. Aisha said

    bahaya banget yang bermukim di daerah pegunugan kalau lagi musim hujan ya…nice post sis.

  30. dedy said

    klo rapid flow itu apaan…..??????

  31. fadielajah said

    hmmm mntep infonya..

    http://fadielajah.wordpress.com/2009/10/16/qory-sandioriva-tak-pantas-mengatasnamakan-masyarakat-aceh/

  32. ABDUL AZIZ said

    Tentang tanah longsor ini sering membuat saya khawatir, karena saya selalu pulang pergi ke Cianjur Selatan yang rawan lomgsor. Saya bekerja di Sukanagara , 45 km di pusat kota Cianjur. Kalau sudah musim hujan kekhawatiran itu semakin menguat. Saya tidak tahu jenis tanah di Cianjur Selatan ini.

    Terima kasih Kang & Teh.
    Salam buat keluarga

  33. dias said

    top markotop…

  34. Endang Kusmana said

    Umumnya tanah longsor adalah tanah tebing, yang di bagian permukaannya ada sumber air yang berlebihan.

  35. menyapa sahabat di sore hari
    selamat sore

  36. Batavusqu said

    salam takzim
    kemana yak

  37. sedjatee said

    longsor = turun kebawah… celana juga bisa longsor alias melorot… salam melorot…

    sedj

  38. alamendah said

    Bloghicking malam-malam. Mengunjungi para sahabat, siapa tahu ada suguhan yang hangat.

  39. mudz069 said

    Lha,beberapa petinggi KPK yang “longsor keprabon” dari kursinya itu termasuk jenis longsor yang mana ?

  40. Kalo yg di padang termasuk longsor apa ya?

  41. @ Mudz069: Itu mah lengser keprabon… Hahahhhh

  42. Abbi Umar said

    Wah, longsor juga ada jenis-jenisnya ya

  43. assalamu alaykum… makacih infonya….

    aku berkunjung lagi… nice post mg bermanfaat.. :)

  44. WAH kemana aja nih? blom apdet

  45. sobatsehat said

    infony mantep tep. ilmu baru nih saya

  46. jadi inget mata kuliah dulu…

  47. perigitua said

    haddiirrrrrrr……

    Perdana setelah sekian lama, apa kabar sahabat?

    hhh…, info nya ok neh, lebih ok kalo ditambah daerah2 di indonesia, kota ini cenderung ini, kota itu cenderung itu. hehehhe…

    cu…

  48. termasuk dalam ilmu bumi kalo jaman dahulu hee, makasi infonya

  49. abifasya said

    HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRR

    MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    Salam ukhuwah selalu sahabatku
    *abifasya*

  50. rudi said

    tolong munculi gambar biar seru yang gunduh

  51. teknik seo said

    teknik seo…

    [...]Jenis-Jenis Tanah Longsor « Beweis von Liebe Unsere[...]…

  52. berita unik…

    [...]Jenis-Jenis Tanah Longsor « Beweis von Liebe Unsere[...]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: