Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Tahukah Kita Tentang Padi?

Posted by dedenia72 on September 12, 2009

imagesSemua orang yang membaca postingan ini pasti sudah mengetahui padi. Ya, tanaman yang menghasilkan beras, makanan utama hampir semua warga Indonesia. Tapi benarkah kita tahu tentang padi? Ini adalah cuplikan penelitian yang telah dilakukan oleh teman saya Rafika Rizki Amalia sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana pertanian, IPB Bogor. Saya hanya mengambil sebagian kecil tinjauan pustaka yang membahas tentang botani dan pertumbuhan tanaman padi.

“Padi (Oryza sativa L.) termasuk dalam famili Graminae, subfamily Bambusoidae, suku Oryzae, dan genus Oryza. Namun berdasarkan kemotaksonomi, padi Javanica merupakan subgroup dari padi Japonica sehingga padi Javanica dapat disebut juga sebagai padi Japonica Tropis (De Datta, 1981).  Padi dapat dibedakan menjadi tiga subspecies yaitu Indica, Japonica, dan Javanica. Menurut Katayama (1993), ketiga tipe padi tersebut yaitu japonica, indica, dan javanica, javanica termasuk berada diantara kedua tipe. Ketiga tipe tersebut dikelompokkan berdasarkan tipe panicle (malai).

Lebih lanjut De Datta (1981) menyatakan bahwa padi merupakan tanaman rumput semusim dengan tinggi 50-130 cm hingga 5 m. batangnya berbentuk bulat, berongga dan beruas-ruas serta berakar serabut. Daun terdiri atas helaian daun yang menyelubungi batang. Bunga padi membentuk malai yang keluar dari buku paling atas dengan jumlah bunga tergantung kultivar yang berkisar antara 50-500 bunga. Sedangkan buah atau biji padi beragam dalam bentuk, ukuran, dan warnanya.”

8 Responses to “Tahukah Kita Tentang Padi?”

  1. Saya tahu padi karena emak punya sawah sehingga begitu lahir saya sudah melihat padi. Bahkan PADI band juga sedikit tahu.
    Sekarang varitas padi kan macam-macam ya. Ada Varietas padi tahan wereng,dsbnya.
    Tanam padi sekarang relatif lebih singkat dibanding jaman dulu. Emak dulu nanam padi Jowo dan Padi Ketan. Sekarang dua-duanya sudah nggak tanam karena lama, mending tanam padi umur pendek sehingga cepat dinikmati hasilnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    • dedenia72 said

      wah kalo PADI band mah emang dari Surabaya pakdhe..hehehe
      yah petani juga pasti pilihnya yang cepat..kan ada semboyan lebih cepat lebih baik..padahal gak semua tanaman padi umur pendek bagus lho..biasanya mereka lebih mudah mati atau kena penyakit..

  2. Lamunadi said

    Sy pernah ikut panen padi, memotongnya dgn alat yg disebut ani-ani ..🙂

    Salam.😎

  3. Aisha said

    wah iya,banyak yang bilang sekarang lagi musim hama padi.
    Btw yang padi tahan hama itu yang padi apa ya?

  4. Lamunadi said

    Ada juga tuh rekan blogger kita PadiEmas, http://padiemas.blogdetik.com
    …🙂
    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: