Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Kita Sudah Semakin Dekat

Posted by dedenia72 on September 9, 2009

imagesSeperti telah kita ketahui bersama tentang malam yang lebih mulia daripada seribu bulan, lailatul qodr, maka sudah saatnya kita bersiap untuk menyongsongnya. Malam yang sangat dinanti-nanti dan penuh dengan kemuliaan (baca Kemewahan Lailatul Qodr) bagi umat Islam di dunia, diyakini ada dalam 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadist yang diriwatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi bersabda: ”carilah lailatul qodr pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.”
Beberapa tanda alam pada malam lailatul qodr seperti telah dijelaskan dalam beberapa hadist shahih antara lain:

  • Bulan tampak separuh bulatan

Abu Hurairah RA berkata: “kami pernah berdiskusi tantang lailatul qodr di sisi Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda: “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan (piring)?”.” (HR. Muslim:1170)

  • Udara dan suasana pagi yang terang

Ibnu Abbas RA berkata: “ Rasulullah SAW bersabda: ‘Lailatul qodr adalah malam yang tenang dan tenteram, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin,esok paginya surya terbit dengan sinar lemahdan merah.’” (HR. ath-Thoyalisi: 349, Ibnu Khuzaimah 3/331, dan al- Bazzar 1/486, dengan sanad hasan)
Dan masih banyak lagi tanda-tanda menurut hadist-hadist lain. Seperti angin tidak bertiup, binatang tidak bersuara dan lain-lain. Tapi tanda hanyalah tanda. Tidak semestinya kita hanya menunggu tanda-tanda lailatul qodr muncul baru kita beribadah sebanyak-banyaknya di malam tersebut. Dalam sebuah hadist disebutkan: “Barangsiapa yang sholat pada malam lailatul qodr dengan penuh keimanan dan harapan (pahala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari: 2014, Muslim: 760).
Ada hikmah Allah merahasiakan lailatul qodr. Yang pasti dan harus kita ketahui adalah lailatul qodr ada antara 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin RA berkata: “Allah SWT menyembunyikan lailatul qodr dari hambaNya karena adanya dua hikmah yang sangat agung :

  • Agar makin jelas orang yang semangat untuk mencarinya pada setiap malam demi mendapatkannya. Sebab, apabila lailatul qodr sudah diketahui waktunya maka pasti orang-orang tidak akan semangat beribadah kecuali pada malam itu saja.
  • Agar orang-orang dapat memperbanyak amal saleh guna mendekatkan dirikepada Rabb mereka dan mereka memperoleh mafaat dari amalannya itu.” (Majmu’ Fatawa wa Rosa’il asy-Syaikh al-Utsaimin no.816).

Oleh karena itu, hendaknya kita lebih giat dan bersemangat dalam beribadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Jangan sampai hegemoni lebaran membuat kita lalai dan terlalu sibuk dengan persiapannya.
Semoga kita semua umat Islam mendapatkan keistimewaan dan kemewahan lailatul qodr. Amin..

5 Responses to “Kita Sudah Semakin Dekat”

  1. Batavusqu said

    Salam Takjim
    Inna anjalna hufi lailatul qod’r sepenggal ayat ilahi yang selalu dilantunkan oleh para pemimpin shalat tarawih di sepuluh malam terakhir, sebagai pengingat ma’mum dan imam untuk tetap menjaga malam, agar bertemu malam seribu bulan yang jika diterjemahkan ± 80 tahun, sunguh waktu yang amat panjang. Semoga penjagaan kita tidak sia-sia romadhon ini amin
    Salam Takjim Batavusqu

    • yusupman said

      Betul pak…menghitung jatah umur normal…gak bakalan dapet tuh kita ketemu dgn 80 thn ya. Tapi istimewanya bln Rhamadan jadi dapat bonus2 waktu yg mustajab ya….
      salamnya buat yg punya blog posting yg bagus nich..

  2. Afif said

    Smoga kita menjadi salah satu orang yg mendapatkannya.. Amin🙂

  3. abifasya said

    Assalaamu ‘Alaikum
    Abifasya menyapa sahabat menjemput pagi dengan dzikir
    mengingatkan sahabat Bloger sejati untuk tidak ketinggalan
    menjemput lailatur qadar dalam balutan kasih sayang Allah
    Jangan lewatkan seditikpun waktu berlalu tanpa arti
    mari jemput kemuliaan dan raih kemenangan
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

  4. abifasya said

    Assalaamu ‘Alaikum
    Abifasya menyapa sahabat men­jem­put pagi dengan dzikir
    meng­ingatkan sahabat Bloger sejati untuk tidak keting­galan
    men­jem­put lailatur qadar dalam balutan kasih sayang Allah
    Jangan lewatkan seditikpun waktu ber­lalu tanpa arti
    mari jem­put kemuliaan dan raih kemenangan
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: