Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Hutan Kita, Tanggung Jawab Kita!!!

Posted by dedenia72 on September 8, 2009

 

hutan gundul di kaltim

hutan gundul di kaltim

Sebagai orang Indonesia mestinya kita bangga terhadap hutan tropis kita. Luasan hutan tropis Indonesia mencapai 140,3 juta Ha (terluas ketiga di dunia) yang terdiri dari hutan lindung 30,8 juta Ha, 18,8 juta Ha cagar alam dan taman nasional, 64,3 juta Ha hutan produksi, dan 26,6 juta Ha hutan yang dialokasikan untuk dikonversi menjadi lahan pertanian, perumahan, transmigrasi, dan lain-lain.
Umumnya, orang hanya berpendapat bahwa hutan adalah hanya berfungsi sebagai penghasil kayu. Padahal, banyak manfaat lain yang jauh lebih penting untuk kehidupan manusia. Hutan juga berguna sebagai tempat resapan air, payung raksasa, penyedia oksigen, pencegah terjadinya efek rumah kaca, tempat hidup aneka ragam flora dan fauna endemik, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.
Sayangnya, hanya sedikit saja masyarakat kita yang menyadari fungsi hutan sebagai penyeimbang dunia. Hutan Indonesia semakin berkurang jumlahnya. Saat ini diperkirakan hutan Indonesia bekurang seluas kurang lebih 2 juta Ha per tahunnya. Sungguh angka yang sangat mencengangkan. Bisa diperkirakan berapa lama hutan Indonesia akan habis sama sekali. Penyebab utama hilangnya hutan adalah penebangan liar (illegal logging). Yang lebih disayangkan lagi adalah dalang dan aktor utama penebangan liar adalah orang-orang yang secara intelektual seharusnya sangat tahu fungsi dan peran hutan dalam kehidupan. Tengok saja yang masih segar dalam berita, Rusli Zainal.
Kerusakan hutan juga disebabkan karena pembukaan hutan untuk perkebunan atau pertanian atau fungsi lain dengan cara pembakaran. Cara pembukaan dengan cara pembakaran tidak hanya merusak hutan, tetapi juga semua flora dan fauna yang ada di dalamnya. Kebakaran hutan tahun 1997 seharusnya masih terngiang di telinga kita. Asap tebal bahkan sampai ke Negara tetangga Malaysia dan Singapura. Saat itu, kebakaran hutan tersebut ditetapkan sebagai kebakaran hutan terburuk di dunia, dan dinobatkan sebagai bencana lingkungan. Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi terkenal dengan sebutan pengekspor asap. Sungguh tragis dan ironis, Indonesia yang adalah Negara dengan luasan hutan tropis terbesar ketiga di dunia, hanya mampu mengekspor asap saja. Diperkirakan 8 juta Ha hutan kita musnah dalam peristiwa ini.
Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka hutan tropis kita hanya akan tinggal kenangan. Sebutan zamrud khatulistiwa atau jantung dunia hanya akan jadi memori bagi orang-orang tua saja. Silahkan buka hutan jika memang diperlukan. Tapi dengan etik seperti yang sudah diajarkan oleh nenek moyamg kita. Buka baru, Tanami lagi yang lama. Lakukan sekarang, karena hutan kita adalah tanggung jawab kita.

SALAM RIMBA RAYA LESTARI

3 Responses to “Hutan Kita, Tanggung Jawab Kita!!!”

  1. Batavusqu said

    Salam Takjim
    Sumber air yang tak pernah kering tersaji lewat coretan rimba raya, yah memang seorang rimba raya memang harus membentangkan hamparan hutan sebagai tempat untuk mengadu kala rindu, sebagai tempat berteduh kala panas, sebagai pelepas rindu kala galau.
    Hutan apalagi belantara memang harus terjaga dari eko sistem jika tidak ia akan kering dan mengeluarkan bencana alam yang berikutnya,
    Semoga goresan ini melekat menjadi pengingat orang yang masih berpikir
    Salam Takjim Batavusqu

  2. Memang hutan kita semakin memprihatinkan… semoga cepat berlalu… tapi ada kalanya kita harus berusaha lebih giat untuk menghijaukan lagi… contohnya dengan membuat taman di umah kita. Itu juga salah satu kepedulian kita terhadap alam…
    Salam kenal….

  3. […] Kami Mencari Nilai Filosofi di Alam BebasKemewahan Lailatul Qodr10 Tips Membangun Kepercayaan DiriHutan Kita, Tanggung Jawab Kita!!!Ayo Bertukar LinkBerapa Harga Website atau Blog Kamu??'Burquini' (Baju Renang Muslimah) Dilarang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: