Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Kemewahan Lailatul Qodr

Posted by dedenia72 on September 6, 2009

imagesAlhamdulillah puasa sudah memasuki hari ke-14. Itu artinya sudah hampir separuh jalan kita melewatinya. Semakin dekat juga kita dengan malam istimewa yang penuh “kemewahan” dari Allah yaitu malam Lailatul Qodr

Lailatul Qodr dibentuk dari dua kata, yaitu lailatun yang berarti malam dan al-qodr yang berarti kemuliaan atau penetapan. Jadi arti malam Lailatul Qodr adalah malam kemuliaan atau malam penetapan. Disebut malam kemuliaan karena malam ini telah dipilih sebagai malam turunnya Al- Qur’an dan turunnya para malaikat dengan membawa berkah atau kesejahteraan. Dan dikatakan malam penetapan karena malam ini merupakan malam penetapan dan pengaturan Allah bagi makhlukNya selama setahun. Kedua makna ini tidak saling bertentangan, bahkan makna kedua mendukung makna pertama sebab penetapan takdir pada malam itu menambah malam tersebut menjadi mulia. 

Keistimewaan malam Lailatul Qodr, yang disebut juga dengan malam seribu bulan, itu sendiri antara lain :

  • Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan kunci kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat.
  • Allah SWT mengagungkannya dalam bentuk pertanyaan, ‘Dan tahukah kamu apa lailatul Qodr itu?”
  • Malam ini adalah lebih baik daripada seribu bulan.
  • Para malaikat turun pada malam tersebut dengan membawa kebaikan, rahmat, dan barokah.
  • Malam ini disebut “Salam” (malam kesejahteraan) karena banyak hamba Allah SWT yang selamat dari siksaan disebabkan ketaatannya kepada Allah.
  • Malam lailatul qodr ditulis dalam sebuah surat dalam Al-Qur’an, yang menunjukkan betapa mulianya malam ini.
  • Qiyamul lail pada malam ini dapat menjadi pelebur dosa yang telah lalu.

Rasulullah SAW bersabda, ” barangsiapa yang mengerjakan qiyamul lail pada malam lailatul qodr karena iman dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori:2014, Muslim:760)

  • Do’a pada malam ini mustajab (terkabulkan).

Saudara ku sesam muslim, setelah kita tahu betapa mulianya malam lailatul qodr, marilah kita berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah kita terutama memasuki 10 hari terakhir Ramadhan. Dan berdoa dalam setiap waktu agar Allah memberi kesempatan bagi kita untuk berjumpa dengan malam yang lebih mulia dari seribu bulan. Amin.

25 Responses to “Kemewahan Lailatul Qodr”

  1. guskar said

    salam kenal kembali🙂

    ironisnya, mendekati 10 malam terakhir ramadhan… mesjid2 mulai sepi… saudara2 kita lbh asyik thawaf di mall.. memburu kebutuhan lebaran yg cuma 2 hari.
    padahal janji Allah itu pasti, bagi siapa saja yg ingin mendapatkan keutamaan Lailatul Qodr. bersyukurlah kita, jika termasuk orang2 (yg sedikit) berlomba2 meningkatkan amal ibadah kita terutama memasuki 10 hari terakhir Ramadhan.

  2. zipoer7 said

    Salam Takjim
    Alhamdulilah ½ bulan digodog untuk meraih TAQWA dan 1000 bulan kan kita gapai, semoga aktifitas yang tercatat BAIK kala tulisan masuk kedalam relung-relung jiwa, hingga darah segar mengaliri urat-urat kasar dan halus lewat malam LAILATUL QODAR karya pujangga rimba
    Salam Takjim Batavusqu

  3. wah mudah2an kita semua dapet manfaatnya yah…

  4. Hanster said

    Pas malam lailatul Qadar masjid malah sepi bgt..
    Yg ada hanyalah kakek-kakek..
    Padahal tuh malam pnting..

  5. KangBoed said

    yayayaya.. mari kita hidupkan malam dalam tangis penyerahan diri dan sujud syukur

  6. KangBoed said

    duuuuuh jadi pengen neh

    • dedenia72 said

      mari kang kita rebut bersama malam teristimewa di setiap tahun..
      semoga kita diberi kesempatan oleh Allah agar dapat memperolehnya..aminn
      salam rimba raya lestari..

  7. Assalamu’alaikum,
    Tulisan yang bagus, semoga kita semua bisa lebih khusu’ dalam ibadah, menjadi hamba yang benar-benar takwa dan kuat iman, serta tawakal dan semoga kita semua bisa mendapat keberkahan malam Lailatul Qodr, amin (Dewi Yana)

  8. MaPuC said

    wah tuch di cari org byk sich, semoga kita bisa menemuinya

  9. MaPuC said

    thanks kunjungannya

  10. Oelil said

    masih bersemangat puasanya …? ayo kalahkan setan2 laknat

  11. dedenia72 said

    @guskar: di masjid saya pun sama kondisinya..hehehe
    @Zipoer7: makasih pak..hehehe
    @Blog Informasi: amin
    @Hanster: kondisi yang sama bos..hehehe
    @mbak dewi yana: amin…
    @mapuc: amin..
    @oelil: masiiiiihhh pakkk…hehehe

  12. sakurata said

    Semoga, kita menjadi salah satu hamba-NYA yang mendapatkan anugrah tidak ternilai harganya ini.. (bertemu dengan malam lailatul Qodar dalam kondisi mengabdi/beribadah kepada-NYA). Amiin

  13. Subahanaallah…

    Marilah kita semua menyambut Hari Lailatul Qodar itu….

    Tingkatkan amal ibadah setiap harinya…🙂

  14. andif said

    mari kita tingkatkan ibadah ketika 10 malam terakhir.

  15. meraih laillatul Qodar adalah proses, sehinga kita perlu usaha dan berdoa walau itu semua rahmat Allah yang diberikanNya.Semoga kita mencapainya

  16. Andri said

    yup bener banget.. dan semoga kita dibuka kan hati untuk tetap berada di jalan-Nya. amiinn.

  17. alamendah said

    sepertinya saya sudah pernah komen di sini. Kok gak ada. Di moderasi, ya?

  18. wigati said

    kemewahan yang menggiurkan, semoga kita semua mendapatkan berkahnya.amin.

  19. D3pd said

    Saya menyesal lho, kenapa iman dan takwa dalam diri saya masih kalah dengan dajjal ya, ^_^…V

  20. cah ndueso said

    mewah endi karo makanan itali?

  21. noersam said

    mari kita tingkatkan iman kita di sepuluh hari terakhir ramadhan..

    • dedenia72 said

      @sakurata, bocahbaancar, andif, kawanlama, andri: amiiiiiiiiinnnnn…..
      @alamendah: iya mas..pake moderasi dulu..hehehe maap kalo belum masuk..
      @D3pd: padahal dajjalnya udah dikrangkeng lho..hehehe
      @cah ndeso; panganan Itali akeh nang surgo..
      @Noersam: amin
      @all: salam rimba raya lestari……

  22. […] Yang Sering Dilihat di Blog Kami Mencari Nilai Filosofi di Alam BebasKemewahan Lailatul Qodr10 Tips Membangun Kepercayaan DiriAyo Bertukar LinkHutan Kita, Tanggung Jawab Kita!!!Berapa Harga […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: