Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Budaya Indonesia : Ngaliwet

Posted by dedenia72 on August 22, 2009

Indonesia sungguh kaya akan suku dan budaya. Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah budaya ngaliwet yang hanya ada di suku Sunda. Ngaliwet artinya adalah memasak nasi lliwet. Dan Nasi Liwet adalah nasi yang hanya ditanak sekali (tanpa dikukus lagi) dengan dicampur dengan rempah-rempah yang membuat nasi lebih beraroma dan enak.

Cara memasak yang kelihatannya mudah ini sebenarnya membutuhkan keahlian dan ketelitian yang luar biasa. Karena hanya dimasak satu kali, maka takaran air harus pas. Karena jika tidak pas maka nasi akan menjadi setengah matang dan jika kelebihan akan menjadi seperti bubur. Cara memasak seperti ini pada awalnya dipakai oleh orang Sunda untuk mengefektifkan waktu dalam memasak. Biasanya dimasak saat sedang istirahat bekerja di sawah, hutan, atau perjalanan. Dimasak dengan tungku atau hanya kayu bakar. Sambal, lalapan, dan ikan ikan asin biasanya adalah peserta tetap pendamping nasi liwet yang disajikan.

Cara penyajiannya pun unik. Nasi liwet yang sudah matang, lauk, dan sambal dibagi merata di atas daun pisang yang lebar. Kemudian orang-orang berkeliling untuk memakannya. Namun menurut Kang Apap, salah seorang karuhun Sunda, cara makan ini sebenarnya bukan termasuk budaya ngaliwet. Ngaliwet hanya sebatas sampai nasi liwetnya matang saja. Cara makan yang seperti itu disebut pabancakan. Walaupun bukan termasuk rangkaian budaya ngaliwet, namun cara makan seperti ini sudah hampir pasti selalu mengiringi acara ngaliwet. Terlepas dari rangkaian acara atau bukan, cara makan yang seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan.

ngeliwet di rumah Bang Pandi

ngeliwet di Gunung Kapur Ciampea, Bogor

Budaya yang sangat unik milik suku Sunda ini harus dilestarikan. Karena budaya ini adalah warisan leluhur yang banyak mengandung makna luhur.

4 Responses to “Budaya Indonesia : Ngaliwet”

  1. KangBoed said

    pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxzzzzzzzzzzzz

  2. asli saya ngilerrrrrrr…..
    Kang bisa di share gak cara ngaliwet nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: