Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Sang Saka, Kami Kibarkan di Mandalawangi

Posted by dedenia72 on August 20, 2009

Gunung Mandalawangi merupakan gunung yang terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 2700 mdpl. Sejak awal kami berlima (Aulia, Alfarizi, Rahmat, L.Abidin dan saya sendiri) yang tergabung dalam Biro Lingkungan Hidup Azimuth, Ilmu Tanah IPB) memang berniat mengembangkan Sang Saka di puncak Mandalawangi.

Berangkat dari Bogor menuju desa Bojong Murni pada tanggal 16 Agustus 2009 pukul 15.00. Rencana awal kami adalah naik sampai Camp II (ketinggian 1100 mdpl) malam itu juga. Tapi nampaknya Tuhan punya rencana lain. Kami tiba di desa Bojong Murni setelah maghrib. Sampai di Camp I jam 19.30. Tidak ada jalan lain akhirnya kami menginap di Camp I dengan pemikiran tidak mungkin Sang Saka kami kibarkan tepat tanggal 17 Agustus.

tiba di Camp ITiba di Camp I

Pagi hari kami berniat melanjutkan perjalanan. Sebelumnya kami menyempatkan untuk ‘mengunjungi’ sungai yang sangat jernih dan indah di Mandalawangi. Tepat jam 10 pagi tanggal 17 Agustus 2009, kami memutuskan untuk melakukan upacara di sungai saja. Berlima kami kumandangkan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Sangat mengharukan. Walaupun sederhana tetapi ini upacara terkhidmat yang pernah saya ikuti.

setelah upacara di sungaisetelah upacara di sungai

Akhirnya jam 12 kami memulai perjalanan ke Camp II. Karena sudah terlalu siang, kami memutuskan akan ngeCamp di Camp II saja. Sebelumnya sudah diprediksi bahwa perjalanan akan memakan waktu 4 jam. Benar-benar umur tidak bisa dibohongi. Saya yang berumur 23 tahun seperti faktor penghambat saja bagi teman seperjalanan yang masih 20 tahun. Akhirnya perjalanan kami sampai di Camp II jam 16:00. Kantung Semar di sepanjang 50m dibawah CAmp II, menjadi objek yang benar-benar menarik minat kami. Naik ke Camp II dengan modal 11 liter air dan mie instant untuk berlima akhirnya membuat kami survival di hari berikutnya.

kelelahan menuju Camp IIkelelahan menuju Camp II

Kantung Semar (Nepenthes)Kantung Semar (Nepenthes)

Sampai di Camp IISampai di Camp II

Perjalanan ke puncak Mandalawangi kami mulai dari jam 05:15. Hanya membawa 1 tas carrier berisi alat masak, bahan makanan, dan 3 liter air untuk berlima (stok air hanya tinggal 3,5 liter, 0,5 liter ditinggal di Camp II), kami berangkat. Puncak berjarak 1600 mdpl lagi dari Camp II. Karena puncak Mandalawangi hampir tidak ada yang mengunjungi, tanda jalan yang sudah kami buat sebelumnya sebagian sudah tertutup dan membuat kami kesusahan dan harus membuka jalur kembali. Akhirnya jam 10:00 kami sampai di Puncak. Segala kecapean kami terasa menghilang melihat Puncak Pangrango di depan mata, hamparan edelweiss, dan indahnya pemandangan alam menghempaskan segala lelah kami. Setelah istirahat dua jam di puncak, kami kibarkan kembali sang saka pada tanggal 18 Agustus 2009.

Puncak Pangrango dari Puncak MandalawangiPuncak Pangrango dari Puncak Mandalawangi

Luqmanul Abidin di bawah pohon EdelweissLuqmanul Abidin di bawah pohon Edelweiss

Sang Saka kami kibarkan di Puncak MandalawangiSang Saka kami kibarkan di Puncak Mandalawangi

Bersih-bersih lukaBersih-bersih luka

Alam bebas membuat kami sadar, betapa untuk mengibarkan sang saka dibutuhkan perjuangan yang amat sangat berat. Kami memang tidak berperang, tapi kami juga ingin mengibarkan bendera dengan diawali perjuangan. Merdeka!!!!

3 Responses to “Sang Saka, Kami Kibarkan di Mandalawangi”

1. Saya bisa Online pada hari Minggu, jadi puasa sudah lewat sehari..
    Hari ini saya ingin mengucapkan selamat berpuasa dan semoga amalan serta ibadah di bulan yang suci nanti dapat diterima Allah SWT…
    Salam semangat selalu dari Bocahbancar

2. fadielajah said

merdeka..!!!

amienn smoga amal ramadhan kli ini lbih bae dri sblumnya