Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Gambut Zone Iklim Temperate

Posted by dedenia72 on August 13, 2009

Di daerah iklim temperate, umumnya gambut dapat berkembang dari tumbuhan lumut-lumutan (Sphagnum moses), dan belukar (ericaceous shrubs). Type vegetasi dan penyebaran species vegetasi sangat berhubungan dengan ketersediaan unsur hara sebagai akibat dari perubahan bentuk lahan sebagai akibat dari perkembangan suksesi vegetasi. Pada lahan gambut di daerah temperate dikenal paling sedikit 4 type dari lahan gambut temperate yaitu: fens, raised bog , blanket bogs, dan marsh (Bord Na Mona, 2001).
Hubungan penyebaran species vegetasi pada berbagai type lahan gambut disajikan sebagai sebagai berikut: species tumbuhan yang lebih bervariasi seperti seperti lumut-lumutan (spaghnum spp) dan sedges (Carex spp), grasses, reeds dan trees umum dijumpai di daerah “fen”. Dimana gambut type Fen merupakan suatu lahan gambut minerothropik, dengan pemukaan air tanah berada sedikit diatas dengan permukaan gambut. Minerothropik adalah suatu istilah yang biasa dipakai untuk lingkungan lahan gambut yang sumber airnya kaya akan minerals. Oleh karena air yang relatif kaya akan unsur hara maka penyebaran species vegetasi pada gambut type fen lebih bervariasi. Sedangkan gambut Bog adalah suatu lahan gambut ombrotropik dengan muka air tanah dekat dengan permukaan gambut. Ombrotropik adalah istilah yang biasa dipakai untuk lingkungan gambut sumber airnya berasal dari air hujan. Jika dibandingkan gambut type fen dengan gambut bog, maka gambut bog relatif miskin unsur hara. Species vegetasi yang dijumpai pada lahan ini menunjukkan penyebaran yang terbatas sebagai akibat dari lingkungan tanah yang masam, yang miskin hara. Sphagnum moses dan ericaceous shrubs menjadi vegetasi umum di jumpai pada type gambut ini.

images

Figure1. Penampang Melintang dari berbagai type lahan gambut temperate
Sebagai akibat dari iklim temperate, maka bahan organik yang menyusun gambut umumnya berbahan serat yang relatif halus, hal ini disebabkan karena: tumbuhan lumut dan belukar (shrubs) yang umumnya mendominasi lahan gambut menjadi mati, atau merangas pada musim dingin untuk selanjutnya pada musim semi mulai dengan kehidupan baru, bahan bahan yang relatif halus tersebut kemudian diakumulasikan pada sistem rawa yang jenuh air. Kecepatan penumpukan gambut di Canada dilaporkan rata-rata 0.6-0.7 mm/tahun di beberapa tempat dapat mencapai 1-2 mm/tahun (Daigle and Daigle, 2001).

Gambut yang berasal dari tumbuhan spaghnum sedge dan reed akan menghasilkan gambut yang relatif homogen dengan bahan serat berukuran relatif halus.

Terakumulasinya bahan organik di daerah temperate sehingga membentuk tanah gambut yang cukup tebal, diperkirakan oleh ahli waktu itu sebagai akibat dari temperatur yang rendah dimusim dingin sehingga laju dekomposisi bahan organik berjalan sangat lambat.

One Response to “Gambut Zone Iklim Temperate”

  1. […] Gambut Zone Iklim Temperate […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: