Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Fakta Tentang Rokok

Posted by dedenia72 on August 13, 2009

stop smoking

Tidak ada pro-kontra tentang bahaya merokok. Bahkan jika ditanya ke sejumlah koresponden (termasuk perokok juga) pasti semua akan setuju bahwa merokok itu merugikan dan berbahaya bagi kesehatan. Peringatan di setiap bungkus rokok adalah fakta dan tidak menipu sama sekali.

Fakta telah membuktikan, bahwa rokok termasuk dalam salah satu pembunuh yang sangat efektif. Menurut kantor Pelayanan Kesehatan Masyarakat AS, sekitar 500.000 orang setiap tahun mati dini karena merokok. Kematian karena merokok ini disebabkan karena penyakit kanker paru-paru, jantung, emphysema, dan gangguan kehamilan dan janin.

Merokok adalah penyebab nomer satu kanker paru-paru (American Cancer Society). Setiap tahunnya lebih dari 100.000 perokok di AS mati karena penyakit ini. Rokok menjadi penyebab 90% terjadinya kanker paru-paru bagi laki-laki dan 70% bagi perempuan. Rata-rata perokok memiliki resiko menderita kanker paru-paru 10 kali lebih besar daripada orang tidak merokok. Jika seseorang merokok sejak usia remaja, maka tingkat resikonya menjadi 90 kali lipat. Dan seorang pria yang merokok lebih dari satu bungkus per harinya memiliki resiko 20 kali lipat dibanding non perokok.Dan tahukah anda bahwa kanker paru-paru adalah pembunuh nomer satu bagi wanita mengalahkan kanker payudara.

Emphysema adalah salah satu penyakit paru-paru kronis yang berbahaya dan tiap tahunnya telah membunuh lebih dari 80.000 orang. Emphysema menyebabkan pembengkakan dan kerusakan jaringan paru. Kronologisnya seperti ini : merokok menipiskan udara yang dihirup karena paru-paru tidak mampu menyaring oksigen dari udara dan menyalurkannya ke dalam darah. Paru-paru yang terserang emphysema akan kehilangan kelenturannya. Setiap kali bernapas, penderita akan menanggung rasa sakit dan akhirnya berakibat kepada kematian. Paru-paru yang sudah terkena emphysema tidak dapat disembuhkan (rusak permanen).

Merokok juga meningkatkan resiko kematian karena serangan jantung dan stroke. Menurut data, 180.000 orang amerika meninggal tiap tahun karena penyakit cardiovasculer (jantung dan pembuluh darah) yang disebabkan merokok. Dan inilah sebenarnya pembunuh nomer satu di dunia. Pria paro baya yang merokok menanggung resiko terkena serangan jantung 2X lipat dari non perokok. Perempuan yang merokok sebungkus per hari nya menghadapi resiko terkena penyakit ini 5X lipat. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa presentase  kematian perokok akibat serangan jantung berkisar di angka 50 sampai 100% dibanding non perokok tergantung usia dan jumlah  konsumsi rokoknya.

Merokok tidak hanya merusak kesehatan bagi diri sendiri, tetapi juga mengancam kehidupan janin dalam rahim. Perempuan yang merokok saat hamil berisiko lebih besar mengalami keguguran, kematian janin, kelainan plasenta, dan kelahiran dini (prematur). Bayi yang lahir dari wanita perokok lebih rentan menderita penyakit pernapasan dan kekurangan berat badan, yang terkadang sangat berbahaya.menurut penelitian kementerian kesehatan AS terhadap sejumlah perempuan yang merokok selama kehamilan, tingkat kematian janin dan bayi meningkat 28-60%.

Semua artikel ini saya tulis berdasarkan fakta dari berbagai sumber. Saya menulis artikel ini agar orang yang berniat merokok menjadi mengurungkan niatnya dan buat para perokok (saya juga termasuk) yang sudah terlanjur addicted, dapat mengurangi bahkan syukur-syukur dapat menghilangkan sama sekali kebiasaan merokoknya. Demi kesehatan kita bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: