Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

PERMACULTURE

Posted by dedenia72 on August 1, 2009

Permaculture merupakan system rancangan untuk menciptakan lingkungan yang berkesinambungan (sustain). Pada dasarnya permaculture mempunyai kesamaan dengan kearifan local (local knowledge). Bahkan permaculture diadopsi dari kebudayaan local daerah tropis, termasuk Indonesia, oleh Bill Mollison.
Inti dari permaculture sendiri adalah menciptakan suatu desain yang didalamnya terdapat hubungan antara semua aspek yang terlibat di dalamnya. Aspek tersebut adalah semua ekosistem yang ada di lingkungan itu baik primer maupun pendukung serta biotic dan non biotic. Hubungan yang dimaksud adalah suatu hubungan yang bersifat koperatif (mutualisme) bukan kompetitif (cenderung parasitisme).
Tahapan dalam menjalankan permaculture adalah :
1. Kita harus mempunyai tempat yang siap dikembangkan.
2. Mempersiapkan desain permanent (permanent design).
3. Usahakan apapun yang kita buat mempunyai fungsi lebih dari satu macam (mis: kolam mempunyai fungsi sebagai penampung dan penyuplai air, juga untu pengembangan ikan atau tanaman air).
4. Jangan menanam monokultur.
5. Setiap elemen harus saling mendukung satu sama lain.
Dalam pembuatan desain untuk permaculture, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Yang terpenting adalah sumber air, pemilihan komoditi, dan zone (pengaturan tempat).
Kesimpulannya, permaculture merupakan salah satu cara yang paling baik dalam usaha penghematan energy (gas bisa kita ganti kayu), penjagaan lingkungan, dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Apa yang kita desain harus diupayakan adalah apa yang kita butuhkan sehari-hari. Permaculture memang dapat dijadikan alternative untuk menambah penghasilan. Tetapi itu terjadi setelah ada kelebihan dari apa yang kita butuhkan (over supply), karena pada dasarnya permaculture bukanlah suatu rancangan untuk mencari penghasilan.
Semoga bermanfaat.
Mari kita jaga bumi kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: