Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

Pemilihan Komoditi Permaculture

Posted by dedenia72 on August 1, 2009

Komoditi yang dimaksud adalah komoditi yang akan dikembangkan. Tidak hanya tanaman, tapi ternak juga perlu diperhatikan. Keadaan seperti iklim makro maupun mikro, kondisi kesuburan tanah, juga kebutuhan kita harus diperhatikan sebelum memutuskan akan mengembangkan apa.
Kita ingin menanam jambu karena kata orang cocok tapi kita tidak tau tentang perawatan jambu dan jambu adalah tanaman tahunan. Tanaman yang jika berbuah pun kita hanya bisa membaginya dengan tetangga karena tidak mungkin menjual nya karena terlalu sedikit atau memakannya sendirian karena terlalu banyak.
Kenapa kita kitak mencoba menanam kankung atau sayuran cepat tumbuh lainnya (hanya 3 minggu bisa panen). Karena selain kita bias memakannya sendiri, kita juga bisa berbagi dengan tetangg, atau kalo tidak malas kita bisa menjual seikatdemi seikat secara berkeliling atau menitipkan saja ke tukang sayur. Lumayan kan untuk tambahan jajan anak-anak kita.
Kita ingin beternak babi. Tapi bukankah sekarang sedang marak flu babi. Kita bisa menggantinya dengan ayam atau yang lain yang menurut kita aman. Karena percuma kita memelihara sesuatu tanpa mencurahkan hati kita (hehehehe)
Oleh sebab itu kita harus memilih komoditi dengan pemikiran yang seksama. Dan jenis komoditi yang kita pilih harus saling bercooperation satu sama lain. Usahakan tidak ada kompetisi sedikitpun di desain yang telah dibuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: