Beweis von Liebe Unsere

Salam RImba Raya Lestari

12 order Tanah Soil Taxonomy

Posted by dedenia72 on May 20, 2009

Dalam penamaan tanah dikenal ada 12 Order (berdasarkan Soil Taxonomy). Adapun order tanah tersebut dapat dikenali berdasarkan:

1.  Ada tidaknya horison penciri serta jenis (sifat) dari horison penciri tersebut 8 order

Entisol, Histosol, Inceptisol, Ultisol, Alfisol, Oxisol, Spodosol, Mollisol

2.  Sifat bahan tanah 2 order

Vertisol, Andisol

3.  Regim Temperatur 1 order

Gelisol

4.  Regim Kelembaban 1 order

Aridisol

Gelisol

Tanah yang membeku pada ketebalan 100 cm dari permukaan atau mempunyai bahan gelic pada 100 cm dari permukaan dan membeku pada 200 cm dari permukaan tanah

Histosol

Tanah dengan kandungan bahan organik lebih dari 30% dan ketebalan lebih dari 40 cm. lebih dikenal dengan nama Gambut. Persebarannya:  Sumatera, Kalimantan, sedikit di Jawa, Papua

Spodosol

Tanah lain yang memiliki horison spodik pada kedalaman kurang dari 2 m. Horison spodik berwarna putih bersih yang menandakan bahwa tanah horizon tersebut telah tercuci sempurna. horison ini merupakan akumulasi seskuioksida bebas dan bahan organik

Andisol

Tanah lain yang mempunyai sifat tanah andik pada
60% atau lebih dari ketebalan. Tanah ini biasa terbentuk dekat dengan gunung berapi. Tanah ini relative subur karena bahan induknya adalah tuf volkan. Persebarannya: Sumatera, Jawa,

Oxisol

Tanah lain yang mempunyai horison oksik pada kedalaman kurang dari 2 m. Warna merah pada horizon ini menandakan jumlah besi yang terkandung sangat banyak. Ini menunjukkan bahwa tanah ini merupakan tanah yang telah terlapuk lanjut dan tidak subur.

Vertisol

Tanah lain yang mengandung liat lebih dari 30% pada semua horison dan jika kering pecah-pecah sampai   kedalaman 50 cm.tanda lain yang mudah diamati adalah adanya slicken slide atau bidang kilir.

Aridisol

Tanah lain yang kering lebih dari 6 bulan setiap tahun dan tidak mempunyai epipedon mollic . persebarannya pada daerah kering yang mempunyai bulan kering lebih dari 6 bulan. Di Indonesia tanah jenis ini hamper tidak ditemukan. Bahan induk tanah ini adalah batu kapur.

Ultisol

Tanah lain yang tidak memiliki horison argillic dengan kejenuhan basa (pH 8.2) kurang dari 35% pada kedalaman 1,8 m. Tanah ini persebarannya merata di seluruh Indonesia.

Mollisol

Tanah lain yang memiliki epipedon mollic . Tergolong jenis tanah yang subur.

Alfisol

Tanah lain yang memiliki horison argillic dengan kejenuhan basa (pH 8.2) lebih dari 35% pada kedalaman 1,8 m dari permukaan . Cirinya hamper sama dengan Ultisol hanya saja pH tanah ini lebih tinggi.

Inceptisol

Tanah lain yang tidak mempunyai epipedon umbric, mollic, atau plaggen dan mempunyai horison cambic . Tanah muda yang berkembang dari bahan induk Tuf Volkan.

Entisol

  1. Merupakan tanah yang belum berkembang dan hanya mempunyai horizon A dan C saja.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: